Ramlan Ruvendi

Jadilah pelita di kegelapan…!!!!

Diseminasi Hasil Litbang BBIA di Bengkulu

2 Komentar

Hasil-hasil litbang BBIA baik berupa hasil kajian produk, proses maupun perencanaan usaha yang pernah dilakukan perlu diketahui oleh masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat menarik manfaat dari apa yang telah dilakukan BBIA tersebut. Untuk lebih mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang sesuai dengan potesi daerah, maka BBIA telah berinisiatif untuk menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi dan PKM Bengkulu dalam penyelenggaraan Diseminasi Hasil-Hasil Litbang dilaksanakan tanggal 19 Juni 2007 di Kota Bengkulu.
Acara diseminasi yang diiringi oleh hujan deras dari pagi hari sampai menjelang siang tersebut tidak menyurutkan jumlah peserta yang hadir. Peserta yang hadir kurang lebih 35 orang yang terdiri atas para Kepala Dinas Koperasi dan UKM dan Kepala Dinas Perindustrian dari masing-masing Kabupaten dan Kota se Propinsi Bengkulu serta utusan dari UKM dari masing-masing Kabupaten se Propinsi Bengkulu.
Karena satu dan lain hal acara yang semula akan dibuka pukul 9.00 akhirnya dapat dibuka secara resmi oleh Asisten II Pemda Bengkulu pada pukul 11.00 yang didahului dengan sambutan dan pengarahan yang cukup panjang mengenai arti pentingnya kegiatan sosialisasi untuk masyarakat Bengkulu. Beliau mengharapkan agar materi sosialiasi ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan diimplementasikan sesuai dengan potensi setiap daerah/Kabupaten.
Pemaparan dan diskusi dilakukan dalam 2 sesi secara panel yang terdiri atas :
Sessi 1 :
1. Kebijakan dan Program Pembinaan Koperasi & UMKM disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi & PKM Provinsi Bengkulu (Drs. H. Zainal Abidin).
2. Potensi Komoditas Sektor Pertanian di Propinsi Bengkulu disampaikan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Benkulu.
3. Kajian Pengembangan Industri Agro di Provinsi Bengkulu disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Balitbangda Propinsi Bengkulu (Drs. Fattah Ahyat, M.Si)
4. BBIA dalam Memberikan Jasa Pelayanan Teknis kepada Masyarakat disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik BBIA (Ir. W. Wahyu Wijayadi, MA)
Sessi 2 :
1. Pengembangan Industri Ramah Lingkungan (Eco-Industry) Berbasis Bambu disampaikan oleh Peneliti BBIA (Ir. Hitler Guring Pohan).
2. Pengenalan Mesin – Mesin Peralatan IKM Industri Agro disampaikan oleh Kepala Seksi Alih Teknologi BBIA (Ir. Suprapto)
3. Prospek Pengembangan Singkong Briket Sebagai Bahan Baku Industri Makanan dan Aneka Industri di Bengkulu disampaikan oleh Ir.Priyo Waspodo, M.Sc.
4. Prospek Membangun Pabrik Gula Aren di Bengkulu oleh Kepala Seksi Informasi BBIA (Ramlan Ruvendi, SE,MM)
Dalam acara sosialisasi yang bertemakan “mendorong pengembangan UKM Bengkulu berbasis agro melalui kemitraan usaha” ini, memperagakan pula berbagai contoh produk hasil samping dan produk alternatif nira aren, minyak kelapa, arang dan vinegar bambu, singkong briket, dll.
Setelah presentasi yang diikuti dengan interaksi antara peserta dengan penyaji, selanjutnya acara ditutup oleh Kepala Bidang PJT BBIA pada pukul 16.30. (rm210607)

2 thoughts on “Diseminasi Hasil Litbang BBIA di Bengkulu

  1. SALUT BUAT BAPAK RAMLAN RUVENDI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s